Takabur Hanya Akan Membawa Pada Kejatuhan

Kamis, 01 Pebruari 2018 14:50
Takabur Hanya Akan Membawa Pada Kejatuhan
ilustrasi/net

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Takabur adalah menganggap rendah orang lain, merasa lebih dibandingkan dengan orang lain. Biasanya di pengaruhi oleh keturunan, kekayaan, kedudukan, kecantikan, ketampanan, kepandaian, dan sebagainya. Dalam arti kata sama dengan kesombongan, keangkuhan, membanggakan diri sendiri. Takabur merupakan sebagian dari sifat tercela (madzmunah).

Takabur juga sering didefinisikan dengan rasa kagum terhadap diri, sikap suka membangga-banggakan, membesar-besarkan, dan membusungkan dada. Lantaran kagum pada potensi dirinya, akibatnya membuahkan sikap arogan, pongah, sombong, dan angkuh terhadap orang lain. Hanya dialah pemilik superioritas dan tak ada seorang pun yang bisa menandinginya.

Merasa hebat, kuat dan lupa tempat berdiri juga bisa roboh. Bahkan orang-orang takabur tak lagi bisa menilai dan melihat ke dalam dirinya sendiri, tentang kekurangan dan kebodohannya. Takabur juga memicu sifat lainnya, tamak dan tak hendak keluar dari kenyataan yang membuat dia ingin selalu di atas, dipuja dan disanjung. Takabur juga meremehkan orang lain dan menghilangkan etika dan tatakrama.

Take and give tak masuk dalam kamus kehidupan orang-orang takabur. Dia bebal terhadap inovasi, saran, dan kritik orang lain. Takabur tidak hanya berbahaya terhadap orang lain tetapi juga terhadap dirinya sendiri. Dia hanya tahu kelemahan orang lain, sedang boroknya sendiri tak ia sadari. Dia menutup mata rapat-rapat akan kemajuan orang lain.

Maka petaka bagi sebuah bangsa, sebuah negeri, yang pemimpinnya dihinggapi penyakit takabur karena tak akan ada ahli ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga ia terus berkubang dalam status quo-nya. Karena si takabur berkeinginan memperoleh puja-puji dan akan terus mempertahankan posisinya tersebut dengan cara apa pun jua dan lupa, sesungguhnya ia menuju ambang degradasi. Posisinya justru makin terpuruk.

Jalaludin Rumi, sufi besar Persia abad ke-13 berucap, "Sebuah pohon yang sarat buah-buahan, cabang-cabangnya merunduk ke bumi. Tetapi kemudian pohon itu mengangkat kepalanya ke langit, dapatkah kita berharap memetik dan menikmati buahnya?"

Ini menggambarkan, seorang pemimpin yang kaya raya pun, jika dia takabur, sombong dan angkuh, rakyat tiada kan mendapat apa-apa dari mereka, kecuali kesusahan dan kesengsaraan. Bahkan pemimpin seperti ini akan rela melakukan apa saja, meski menyengsarakan rakyat, demi keutuhan singgaasananya.

Dalam surat Al-Nahl [16]:23) dikatakan, Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. Juga dalam surat Al-Isra’([17]:37) yang menyatakan, 'Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.'

Kenapa tidak belajar dari bumi, yang meski berjibun makhuk mengeruk berbagai karunia darinya namun ia tetap berada di bawah? Manusia kerap lupa kalau dia suatu saat juga akan jatuh, setinggi apapun berada. 

Manusia kerap lupa bahwa sebuah dinasti pun bisa runtuh dan sejarah telah membuktikan itu, sejak dulu kala, hingga zaman globalisasi ini. Betapa banyak pemimpin berakhir di penderitaan, dalam penjara dan terusir dari negeranya sendiri, karena takabur dan sombongnya.

Takabur, mengapa dilakukan, jika pada akhirnya akan menjauhkan dan menjatuhkan juga? ***(Luzi Diamanda)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Inilah Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2019
Minggu, 18 Pebruari 2018 22:00

Inilah Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2019

KPU RI telah lakukan pengambilan nomor urut bagi partai peserta Pemilu 2019.

GBK Dirusak Usai Piala Presiden, Sandi Minta Jakmania Diberi Sanksi
Minggu, 18 Pebruari 2018 21:15

GBK Dirusak Usai Piala Presiden, Sandi Minta Jakmania Diberi Sanksi

Perusakan Stadion GBK oleh oknum The Jakmania membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berang. Dia meminta oknum tersebut diberi sanksi oleh The Jakmania.

PPP Kota Pekanbaru Targetkan Minimal 6 Kursi di Pileg 2019
Minggu, 18 Pebruari 2018 20:08

PPP Kota Pekanbaru Targetkan Minimal 6 Kursi di Pileg 2019

Partai Persatuan Pembangunan atau yang biasa disebut PPP menargetkan setidaknya 6 kursi saat pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang.

Sore Tadi 5 Titik Hotspot Muncul di Riau
Minggu, 18 Pebruari 2018 19:18

Sore Tadi 5 Titik Hotspot Muncul di Riau

Sore tadi, 5 titik hotspot muncul di Riau pada level confidence di atas 50%. Namun 2 diantaranya berada pada level confidence di atas 70%, Minggu (18/2/2018).

Telkomsel Ajak Empat Pemenang The NextDev 2017 ke Silicon Valley
Minggu, 18 Pebruari 2018 17:54

Telkomsel Ajak Empat Pemenang The NextDev 2017 ke Silicon Valley

Empat startup pemenang kompetisi The NextDev 2017 akhirnya melakukan perjalanan ke ‘Silicon Valley’ di Amerika Serikat pada tanggal 11–20 Februari 2018.

Bambang Pamungkas Kehilangan Mendali Juaranya
Minggu, 18 Pebruari 2018 16:45

Bambang Pamungkas Kehilangan Mendali Juaranya

Ada cerita tak mengenakkan untuk penyerang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, usai final Piala Presiden semalam. Bepe kehilangan medali juaranya. 

Alis Tebal Dalam Seminggu,  Begini Caranya
Minggu, 18 Pebruari 2018 15:51

Alis Tebal Dalam Seminggu, Begini Caranya

Alis,  merupakan salah satu bagian wajah yang memberi point tambah untuk kategori cantik.  Memiliki alis tebal menjadi kegemaran kebanyakan kaum wanita.

Lowongan Kerja Guru Bahasa Inggris di Ponpes Tahfizh Al Quds
Minggu, 18 Pebruari 2018 15:18

Lowongan Kerja Guru Bahasa Inggris di Ponpes Tahfizh Al Quds

 Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja,  kini Pondok Pesantren Tahfizh Al Quds Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga pengajar 

Baliho Sosialisasi Paslon Masih Bertebaran, Bawaslu Riau Klaim Lakukan Penurunan Paksa
Minggu, 18 Pebruari 2018 14:55

Baliho Sosialisasi Paslon Masih Bertebaran, Bawaslu Riau Klaim Lakukan Penurunan Paksa

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan pihaknya telah melakukan penurunan paksa terhadap baliho sosialisi Paslon Gubri.

Black Panther, Kembalinya Raja Baru dalam Mempertahankan Wakanda
Minggu, 18 Pebruari 2018 14:03

Black Panther, Kembalinya Raja Baru dalam Mempertahankan Wakanda

Pecinta film action besutan Marvel tentu tidak asing dengan Black Panther. Film yang baru dirilis 16 Februari ini banyak diburu para penggemar film action.