APBD Riau Dikelola Boros, Wagubri Lemparkan ke Sekdaprov Riau

Selasa, 13 Pebruari 2018 17:50
APBD Riau Dikelola Boros, Wagubri Lemparkan ke Sekdaprov Riau

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim terlihat sedikit kesulitan untuk menjawab hasil analisis Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau, tentang pelaksanaan APBD Riau 2018, yang dianggap masih boros.

FITRA Riau menyoroti pemborosan Pemprov Riau dalam menggunakan APBD. Setidaknya ada 9 item kegiatan menyedot dana APBD 2018 hingga Rp114 miliar lebih. Dalam catatan FITRA RIAU, belanja daerah Pemprov Riau dapat dikatakan belum maksimal melakukan penghematan anggaran dalam merencanakan APBD tahun 2018. Hal itu dapat dilihat dari beberapa item anggaran yang menurut FITRA Riau belum efisien.

"Analisa FITRA Riau itu sangat teknis sekali. Sebaiknya bahas masalah ini dengan Sekdaprov Riau saja. Saya kalau terlalu teknis seperti, kurang. Sebaiknya ke Pak Sekda saja," ujar Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim kepada bertuahpos.com, Selasa (13/2/2018).

Dia menambahkan, namun dia memastikan terhadap hasil analisis itu, tetap akan menjadi catatan evaluasi bagi Pemprov Riau. Bahkan jika perlu dan harus, maka Pemprov Riau siap melakukan efisiensi. Wan juga tidak bisa memberi keterangan lebih jauh, terutama masalah uang makan Gubernur dan Wakil Gubernur yang juga tinggi.

Namun terkait soal dana perjalanan dinas, dia berkata, anggaran tersebut masih dianggap wajar, dan sesuai dengan kondisi saat ini. "Kan tak mungkin pula kita ke Jakarta pakai jalan kaki. Pakai sampan pun tak mungkin ke sana kan? Makanya kalau menurut saya masih wajarlah anggaran itu," sambung.

Koordinator FITRA RIAU Usman mengatakan, sebenarnya pemerintah daerah masih dapat menghemat anggaran untuk belanja–belanja tersebut. Tahun ini, melalui APBD 2018 terdapat 9 item anggaran Provinsi Riau yang masih menyedot APBD Provinsi. Selain belanja perjalanan Dinas, makan dan minum pejabat, dan juga ada anggaran lainnya yang diperuntukan sebagai pendukung kegiatan. Bukan kegiatan utama untuk mencapai hasil kinerja program pemerintah daerah.

“Memang, jika dibandingkan dengan tahun 2017, 8 dari 9 item anggaran tersebut mengalami penurunan alokasi, hanya ada satu item anggaran yang meningkat yaitu pembangunan gedung kantor pemerintah, peningkatannya hingga mencapai 100% dari tahun sebelumnya," katanya, Selasa (13/2/2018).

Usman menyebut, item-item belanja tersebut, pada prisipnya terjadi penurunan dari alokasi belanja tahun 2017. Akan tetapi Fitra Riau menilai bahwa anggaran tersebut semestinya dapat diefisienkan lagi agar tidak menganggu belanja untuk kepentingan pelayanan publik lainnya. Seperti anggaran infrastruktur tahun 2018 berkurang hampir 50% dari belanja tahun 2017.

Selain itu juga anggaran untuk pembangunan gedung sekolah, tahun 2017 dialokasikan sebesar Rp156,7 miliar, tahun 2018 hanya dialokasikan sebesar Rp124,4 milyar. “Sebenarnya jika anggaran itu direncanakan lebih efisien maka alokasi anggaran untuk kebutuhan pelayanan dasar dapat ditutupi,” ujarnya.

Salah satu yang mesti harus diefisienkan lebih adalah, seperti Perjalanan Dinas. Pemerintah Daerah harusnya lebih detail dalam merencanakan perjalanan dinas. Hampir semua kegiatan yang ada di APBD, seluruhnya menggunakan anggaran perjalanan dinas luar daerah. (bpc3)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Inilah Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2019
Minggu, 18 Pebruari 2018 22:00

Inilah Nomor Urut Partai Peserta Pemilu 2019

KPU RI telah lakukan pengambilan nomor urut bagi partai peserta Pemilu 2019.

GBK Dirusak Usai Piala Presiden, Sandi Minta Jakmania Diberi Sanksi
Minggu, 18 Pebruari 2018 21:15

GBK Dirusak Usai Piala Presiden, Sandi Minta Jakmania Diberi Sanksi

Perusakan Stadion GBK oleh oknum The Jakmania membuat Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berang. Dia meminta oknum tersebut diberi sanksi oleh The Jakmania.

PPP Kota Pekanbaru Targetkan Minimal 6 Kursi di Pileg 2019
Minggu, 18 Pebruari 2018 20:08

PPP Kota Pekanbaru Targetkan Minimal 6 Kursi di Pileg 2019

Partai Persatuan Pembangunan atau yang biasa disebut PPP menargetkan setidaknya 6 kursi saat pemilihan legislatif (pileg) 2019 mendatang.

Sore Tadi 5 Titik Hotspot Muncul di Riau
Minggu, 18 Pebruari 2018 19:18

Sore Tadi 5 Titik Hotspot Muncul di Riau

Sore tadi, 5 titik hotspot muncul di Riau pada level confidence di atas 50%. Namun 2 diantaranya berada pada level confidence di atas 70%, Minggu (18/2/2018).

Telkomsel Ajak Empat Pemenang The NextDev 2017 ke Silicon Valley
Minggu, 18 Pebruari 2018 17:54

Telkomsel Ajak Empat Pemenang The NextDev 2017 ke Silicon Valley

Empat startup pemenang kompetisi The NextDev 2017 akhirnya melakukan perjalanan ke ‘Silicon Valley’ di Amerika Serikat pada tanggal 11–20 Februari 2018.

Bambang Pamungkas Kehilangan Mendali Juaranya
Minggu, 18 Pebruari 2018 16:45

Bambang Pamungkas Kehilangan Mendali Juaranya

Ada cerita tak mengenakkan untuk penyerang Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, usai final Piala Presiden semalam. Bepe kehilangan medali juaranya. 

Alis Tebal Dalam Seminggu,  Begini Caranya
Minggu, 18 Pebruari 2018 15:51

Alis Tebal Dalam Seminggu, Begini Caranya

Alis,  merupakan salah satu bagian wajah yang memberi point tambah untuk kategori cantik.  Memiliki alis tebal menjadi kegemaran kebanyakan kaum wanita.

Lowongan Kerja Guru Bahasa Inggris di Ponpes Tahfizh Al Quds
Minggu, 18 Pebruari 2018 15:18

Lowongan Kerja Guru Bahasa Inggris di Ponpes Tahfizh Al Quds

 Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja,  kini Pondok Pesantren Tahfizh Al Quds Pekanbaru sedang membutuhkan tenaga pengajar 

Baliho Sosialisasi Paslon Masih Bertebaran, Bawaslu Riau Klaim Lakukan Penurunan Paksa
Minggu, 18 Pebruari 2018 14:55

Baliho Sosialisasi Paslon Masih Bertebaran, Bawaslu Riau Klaim Lakukan Penurunan Paksa

Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan mengatakan pihaknya telah melakukan penurunan paksa terhadap baliho sosialisi Paslon Gubri.

Black Panther, Kembalinya Raja Baru dalam Mempertahankan Wakanda
Minggu, 18 Pebruari 2018 14:03

Black Panther, Kembalinya Raja Baru dalam Mempertahankan Wakanda

Pecinta film action besutan Marvel tentu tidak asing dengan Black Panther. Film yang baru dirilis 16 Februari ini banyak diburu para penggemar film action.