Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo

Kamis, 12 September 2013 12:22 340

Warning: getimagesize(/home/bertuah/public_html/assets/public/images/userfile/Berita/Gajah.jpg): failed to open stream: No such file or directory in /home/bertuah/core/apps/modules/content/views/single.php on line 37
Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo
BERTUAHPOS, PELALAWAN - Ruang bagi habitat Gajah Sumatera di Taman Nasional (TN) Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Riau semakin sempit karena perambahan hutan yang dilakukan manusia. Akibatnya sering terjadi konflik antara gajah dan manusia.
 
Salah satu upaya untuk mencegah konflik antara gajah dan manusia yaitu dengan mengerahkan pasukan 'bergajah' yang disebut dengan Flying Squad. Pasukan ini dibina oleh World Wildlife Fund (WWF) Riau untuk mengusir gajah liar masuk ke dalam pemukiman warga.
 
"Kita berusaha untuk mencegah agar konflik antara gajah dan manusia tidak terjadi. Kita bertugas menunggangi gajah untuk menggiring gajah liar agar kembali masuk ke dalam hutan," ujar anggota Flying Squad TN Tesso Nilo, Junjung, saat berbincang dengan detikcom, Pelalawan, Riau, Kamis (12/9/2013).
 
Junjung sudah sembilan tahun bertugas sebagai mahot (pawang) gajah Flying Squad di TN Tesso Nilo. Setiap harinya, dia bersama 7 rekannya bertugas menunggangi gajah dari pagi hingga sore hari. Namun, tak jarang mereka juga harus bertugas di malam hari.
 
"Kita patroli setiap hari. Kita juga standby 24 jam, karena tak jarang gajah liar juga sering muncul di malam hari," kata Junjung.
 
Dikatakan Junjung, meski gajah-gajah patroli itu sudah jinak, pemeliharaannya tetap dilakukan di tengah hutan. Setiap usai berpatroli, gajah itu dikembalikan ke tengah hutan sebagai habitat asli mereka.
 
Ada delapan ekor gajah yang dikelola oleh WWF Riau untuk dijadikan Flying Squad. Induk gajah tersebut berasal dari gajah liar yang kemudian diberi pelatihan untuk dijadikan gajah patroli. Mereka pun kemudian dikembang biakkan di TN Tesso Nilo. Hebatnya, ada dua orang mahot perempuan dalam tim pasukan bergajah ini.
 
"Sudah sembilan tahun kita bertugas. Ada 8 gajah yang kita bina, empat diantaranya lahir di TN Nesso Tilo. Kita juga punya mahot dua orang perempuan. Tugasnya sama, berpatroli dan menggiring gajah liar agar kembali masuk ke hutan," jelasnya.
 
 
(detik.com)
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Pemko Pekanbaru Masih Tidak Terima Pemprov Hapus 10 Perda
Senin, 29 Agustus 2016 17:05

Pemko Pekanbaru Masih Tidak Terima Pemprov Hapus 10 Perda

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih tidak terima dengan penghapusan 10 Peraturan Daerah (Perda) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pasalnya Pemprov hingga saat ini belum memberikan penjelasan kenapa 10 Perda milik Pemko masuk dalam daftar penghapusan.

Rasakan Kesegeran Es Susu Jelly ala Damam Cafe
Senin, 29 Agustus 2016 16:40

Rasakan Kesegeran Es Susu Jelly ala Damam Cafe

Damam Cafe menghadirkan sesuatu yang spesial untuk Anda dan wajib dinikmati. Mengingat suasana kota Pekanbaru yang panas dan gerah, pastinya membutuhkan asupan makanan atau minuman yang segar-segar untuk melepaskan dahaga.

IMB Sementara Pekanbaru Belum Bisa Diterbitkan
Senin, 29 Agustus 2016 16:22

IMB Sementara Pekanbaru Belum Bisa Diterbitkan

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih belum bisa menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sementara. Padahal wacana ini sudah ada sejak sebulan yang lalu.

Kedatangan Kapolri Ke Riau Didesak Untuk Tuntaskan  SP3 Perusahaan Terlibat Karhutla
Senin, 29 Agustus 2016 16:00

Kedatangan Kapolri Ke Riau Didesak Untuk Tuntaskan SP3 Perusahaan Terlibat Karhutla

Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), mendesak Kapolri untuk Jendral Pol. Tito Karnavian membentuk Tim Independen guna mengusut tuntas perihal penerbitan  SP3 15 perusahaan Pembakar Hutan dan Lahan Gambut Riau tahun 2015 oleh Polda Riau.

Satlantas Polres Rohil Mengadakan Berbagai Kegiatan Lomba di sekolah
Senin, 29 Agustus 2016 15:45

Satlantas Polres Rohil Mengadakan Berbagai Kegiatan Lomba di sekolah

Menjelang memperingati hari ulang tahun Polantas ke 61 yang jatuh pada bulan September 2016 mendatang, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Rokan Hilir (Rohil) mengadakan berbagai kegiatan lomba di beberapa sekolah, mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA sederajat.‎

Disperindag Riau Sarankan Beli Sapi Lokal, Ini Tanggapan Bulog
Senin, 29 Agustus 2016 15:25

Disperindag Riau Sarankan Beli Sapi Lokal, Ini Tanggapan Bulog

Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau telah menyarankan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Riau dan Kepri agar membeli sapi lokal ketimbang mendatangkan daging beku dari Jakarta ke daerah.

Damam Cafe, Tempatnya Para Kuliner Demam Makan
Senin, 29 Agustus 2016 15:10

Damam Cafe, Tempatnya Para Kuliner Demam Makan

Melihat peluang bisnis kuliner di Pekanbaru begitu menjanjikan, banyak pelaku usaha lain yang beralih atau menambah bisnis untuk dijajakinya. Seperti salah satunya Damam Cafe.

Kesempatan Kerja di Bank Bukopin
Senin, 29 Agustus 2016 15:00

Kesempatan Kerja di Bank Bukopin

PT. Tri Karya (Bank Bukopin) saat ini sedang membutuhkan posisi untuk Credit Advisor (CA) dalam memasarkan kartu kredit Bank Bukopin. Dengan persyaratan seperti :

HMO Gelar Demo di KPU dan Panwas Kampar
Senin, 29 Agustus 2016 15:00

HMO Gelar Demo di KPU dan Panwas Kampar

Terkait dengan pemilihan kepala daerah yang jatuh pada 2017 mendatang Himpunan Mahasiswa Ocu Kampar (HMO), menggelar aksi demo di depan kantor KPU Kabupaten K.ampar, senin (29/08/2016) siang tadi

Mutasi Pejabat, Pemko Pekanbaru Belum Kantongi Izin Kemendagri
Senin, 29 Agustus 2016 14:46

Mutasi Pejabat, Pemko Pekanbaru Belum Kantongi Izin Kemendagri

Pemerintah Kota (Pemko) masih belum melaksanakan mutasi jabatan. Penyebabnya yakni belum adanya izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait izin melaksanakan mutasi.