Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo

Kamis, 12 September 2013 12:22 345

Warning: getimagesize(/home/bertuah/public_html/assets/public/images/userfile/Berita/Gajah.jpg): failed to open stream: No such file or directory in /home/bertuah/core/apps/modules/content/views/single.php on line 37
Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo
BERTUAHPOS, PELALAWAN - Ruang bagi habitat Gajah Sumatera di Taman Nasional (TN) Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Riau semakin sempit karena perambahan hutan yang dilakukan manusia. Akibatnya sering terjadi konflik antara gajah dan manusia.
 
Salah satu upaya untuk mencegah konflik antara gajah dan manusia yaitu dengan mengerahkan pasukan 'bergajah' yang disebut dengan Flying Squad. Pasukan ini dibina oleh World Wildlife Fund (WWF) Riau untuk mengusir gajah liar masuk ke dalam pemukiman warga.
 
"Kita berusaha untuk mencegah agar konflik antara gajah dan manusia tidak terjadi. Kita bertugas menunggangi gajah untuk menggiring gajah liar agar kembali masuk ke dalam hutan," ujar anggota Flying Squad TN Tesso Nilo, Junjung, saat berbincang dengan detikcom, Pelalawan, Riau, Kamis (12/9/2013).
 
Junjung sudah sembilan tahun bertugas sebagai mahot (pawang) gajah Flying Squad di TN Tesso Nilo. Setiap harinya, dia bersama 7 rekannya bertugas menunggangi gajah dari pagi hingga sore hari. Namun, tak jarang mereka juga harus bertugas di malam hari.
 
"Kita patroli setiap hari. Kita juga standby 24 jam, karena tak jarang gajah liar juga sering muncul di malam hari," kata Junjung.
 
Dikatakan Junjung, meski gajah-gajah patroli itu sudah jinak, pemeliharaannya tetap dilakukan di tengah hutan. Setiap usai berpatroli, gajah itu dikembalikan ke tengah hutan sebagai habitat asli mereka.
 
Ada delapan ekor gajah yang dikelola oleh WWF Riau untuk dijadikan Flying Squad. Induk gajah tersebut berasal dari gajah liar yang kemudian diberi pelatihan untuk dijadikan gajah patroli. Mereka pun kemudian dikembang biakkan di TN Tesso Nilo. Hebatnya, ada dua orang mahot perempuan dalam tim pasukan bergajah ini.
 
"Sudah sembilan tahun kita bertugas. Ada 8 gajah yang kita bina, empat diantaranya lahir di TN Nesso Tilo. Kita juga punya mahot dua orang perempuan. Tugasnya sama, berpatroli dan menggiring gajah liar agar kembali masuk ke hutan," jelasnya.
 
 
(detik.com)
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Sabtu, 24 September 2016 23:03

Akankah Buruh di Riau Hidup dengan Upah Selamanya?

Sebagian besar masalah yang dihadapi buruh di Provinsi Riau yakni masalah tentang kebutuhan dasar.  Terutama tentang nasib buruh tentang jaminan hidup kedepan dan hari tua.

AJI Pekanbaru Bahas Perkebunan dalam Workshop Jurnalis
Sabtu, 24 September 2016 22:38

AJI Pekanbaru Bahas Perkebunan dalam Workshop Jurnalis

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru menggelar Workshop Jurnalis tentang isu perburuhan dan buruh perkebunan di Provinsi Riau.
 

3 Pasang Calon Mulai Berebut Simpati Rakyat
Sabtu, 24 September 2016 14:13

3 Pasang Calon Mulai Berebut Simpati Rakyat

Tiga pasangan calon walikota dan wakil walikota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, usai mendaftar di KPU setempat, kini tinggal berjuang merebut simpati  86.774  pemilih. 

Video Ngakak Yudibrk Dilirik DagelanTV
Sabtu, 24 September 2016 13:02

Video Ngakak Yudibrk Dilirik DagelanTV

Video tarzan melayu dengan durasi 1 menit milik Yudi ternyata dilirik akun Instagram Dagelantv. Dagelantv yang kini memiliki followers sebanyak 56 ribu lebih, memposting video tarzan melayu yang diperankan oleh Yudi

Earth Hour, Komunitas Penyelamat Kelestarian Lingkungan
Sabtu, 24 September 2016 12:12

Earth Hour, Komunitas Penyelamat Kelestarian Lingkungan

Para penggiat atau pemerhati lingkungan tidak hanya bearasal dari NGO, Namun ada beberapa komunitas yang fokus menjadikan lingkungan sebagai objek kegiatan mereka.

Lowongan Kerja di Rainbow Gifthouse
Sabtu, 24 September 2016 10:32

Lowongan Kerja di Rainbow Gifthouse

Rainbow Gifthouse adalah Perusahaan yang bergerak dibidang retail aksesoris di Pekanbaru, saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi berikut :

Mancing Udang? Ayo Kesini
Sabtu, 24 September 2016 10:17

Mancing Udang? Ayo Kesini

Berkunjung ke suatu tempat, menjadi salah satu cara menikmati akhir pekan anda dengan  keluarga, sahabat ataupun pasangan

Siak Sumbang Hotspot Hari Ini
Sabtu, 24 September 2016 10:14

Siak Sumbang Hotspot Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi ada hotspot atau titik panas di Riau. Padahal sebelumnya hotspot di Riau nihil titik api.

Ini Menu Recommended Fat Rabbit Coffee yang Wajib Dicicip
Sabtu, 24 September 2016 10:05

Ini Menu Recommended Fat Rabbit Coffee yang Wajib Dicicip

Menyuguhkan sesuatu yang spesial bagi pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan, sebab akan menjadi perhatian dan daya tarik bagi pengunjung

BMKG Riau Pantau Malam Minggu Hujan Lebat
Sabtu, 24 September 2016 09:55

BMKG Riau Pantau Malam Minggu Hujan Lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi hujan lebat mengguyur di Sabtu malam (24/09/2016) ini. Hujan yang mengguyur diperkirakan merata di seluruh Riau.