Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo

Kamis, 12 September 2013 12:22 410

Warning: getimagesize(/home/bertuah/public_html/assets/public/images/userfile/Berita/Gajah.jpg): failed to open stream: No such file or directory in /home/bertuah/core/apps/modules/content/views/single.php on line 129
Mengenal Pasukan Gajah Pencegah Konflik di Taman Nasional Tesso Nilo
BERTUAHPOS, PELALAWAN - Ruang bagi habitat Gajah Sumatera di Taman Nasional (TN) Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Riau semakin sempit karena perambahan hutan yang dilakukan manusia. Akibatnya sering terjadi konflik antara gajah dan manusia.
 
Salah satu upaya untuk mencegah konflik antara gajah dan manusia yaitu dengan mengerahkan pasukan 'bergajah' yang disebut dengan Flying Squad. Pasukan ini dibina oleh World Wildlife Fund (WWF) Riau untuk mengusir gajah liar masuk ke dalam pemukiman warga.
 
"Kita berusaha untuk mencegah agar konflik antara gajah dan manusia tidak terjadi. Kita bertugas menunggangi gajah untuk menggiring gajah liar agar kembali masuk ke dalam hutan," ujar anggota Flying Squad TN Tesso Nilo, Junjung, saat berbincang dengan detikcom, Pelalawan, Riau, Kamis (12/9/2013).
 
Junjung sudah sembilan tahun bertugas sebagai mahot (pawang) gajah Flying Squad di TN Tesso Nilo. Setiap harinya, dia bersama 7 rekannya bertugas menunggangi gajah dari pagi hingga sore hari. Namun, tak jarang mereka juga harus bertugas di malam hari.
 
"Kita patroli setiap hari. Kita juga standby 24 jam, karena tak jarang gajah liar juga sering muncul di malam hari," kata Junjung.
 
Dikatakan Junjung, meski gajah-gajah patroli itu sudah jinak, pemeliharaannya tetap dilakukan di tengah hutan. Setiap usai berpatroli, gajah itu dikembalikan ke tengah hutan sebagai habitat asli mereka.
 
Ada delapan ekor gajah yang dikelola oleh WWF Riau untuk dijadikan Flying Squad. Induk gajah tersebut berasal dari gajah liar yang kemudian diberi pelatihan untuk dijadikan gajah patroli. Mereka pun kemudian dikembang biakkan di TN Tesso Nilo. Hebatnya, ada dua orang mahot perempuan dalam tim pasukan bergajah ini.
 
"Sudah sembilan tahun kita bertugas. Ada 8 gajah yang kita bina, empat diantaranya lahir di TN Nesso Tilo. Kita juga punya mahot dua orang perempuan. Tugasnya sama, berpatroli dan menggiring gajah liar agar kembali masuk ke hutan," jelasnya.
 
 
(detik.com)
loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2
Jumat, 20 Januari 2017 22:05

Spesial Imlek, Everbest Beri Promo Buy 1 Get 2

Kembali lagi Everbest memberikan promo spesial bagi pelanggan setianya. Kali ini promo diadakan dalam rangka menyambut perayaan Imlek. Hal tersebut dikatakan oleh Gandes selaku kasir Everbest Mal Ciputra Seraya Pekanbaru.

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump
Jumat, 20 Januari 2017 21:52

Ada Konser Tandingan Tolak Pelantikan Trump

Artis terkenal, terbanyak adalah penyanyi, melakukan konser penolakan terhadap Donald Trump. Inaugurasi Trump ditandingi dengan konser ini yang dimotori Auioslave.

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih
Jumat, 20 Januari 2017 21:25

4 Hal Ini Menyebabkan Tubuh Anda Cepat Letih

Apakah kamu punya kebiasaan atau rutinitas tertentu setiap kali bangun tidur di pagi hari? Mungkin langsung minum segelas air putih atau melakukan olahraga

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi
Jumat, 20 Januari 2017 20:53

Mukhlis, Beternak Merpati Hias Berawal Dari Hobi

Bertempatkan di kandang berkuran 2x5 meter di samping rumahnya, setiap paginya Mukhlis memberikan pakan untuk merpati hiasnya. Hal ini sudah menjadi rutinitas

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati
Jumat, 20 Januari 2017 17:44

Komunitas Merpati Hias Riau Tetap Setia Layaknya Merpati

Kesetian burung merpati kepada pasangannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sudah menjadi karakter dari burung merpati itu sendiri, inilah yang ingin ditiru oleh seluruh anggota Komunitas Merpati Hias Riau.

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli
Jumat, 20 Januari 2017 17:07

Cara Mencuci Pakaian Bekas yang Baru Dibeli

Jika anda penggemar pakaian seken, anda wajib berhati-hati sebelum menggunakannya, karena bisa jadi baju seken yang baru anda beli, terjangkit virus penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar
Jumat, 20 Januari 2017 16:35

Sruput Es Cendol Udha Tham Bikin Segar

Untuk melepas dahaga menikmati minuman segar yang dapat melegakan tenggorokan. Es cendol Udha Tham mangkal di pasar wisata Pekanabru atau kerap disebut pasar bawah.

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall
Jumat, 20 Januari 2017 16:21

Terbaru! Launching New Venturer Fearless Elegance di CS Mall

Selain memberikan Mid Nite Sale, mulai dari Kamis kemarin hingga Minggu besok CS Mall hadirkan Launching New Venturer dari Toyota.

SMJ Rangkul Sesama
Jumat, 20 Januari 2017 16:02

SMJ Rangkul Sesama

Seperti biasa, Kamis malam Komunitas Sedekah Malam Jumat (SMJ) Pekanbaru mengadakan aksi bagi-bagi nasi kepada mereka yang membutuhkan.

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri
Jumat, 20 Januari 2017 15:42

Hari Ini 5 Besar LKTI Nasional Presentasi di Depan Dewan Juri

Jumat (20/1), bertempatkan gedung aula serbaguna kampus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Riau (UR), 5 karya terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional mempresentasikan ide kreatif mereka di depan dewan juri.